Online radio that always features the latest trends among its listeners. As an online radio, NuRadio Indonesia tries to update the listeners with new information, the latest issues. 24 hours of music rotation in NuRadio Indonesia, there are songs which were, are, or will be hits.
In other words, we cover yesterdays’, today's and future hits.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 15 Februari 2013

Mengapa Tanggal 13 Februari Dijadikan Hari Radio Sedunia

en.wikipedia.org
“Dalam dunia yang berubah dengan cepat, kita harus membuat sebagian besar kemampuan radio untuk menghubungkan orang-orang dan masyarakat, untuk berbagi pengetahuan dan informasi dan untuk memperkuat pemahaman.Hari ini Radio Dunia adalah momen untuk mengenali keajaiban radio dan memanfaatkan kekuasaannya untuk kepentingan semua, “kata Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova dalam pesannya pada kesempatan Hari Radio Dunia pertama.

Pada tanggal 3 November 2011, selama 36 th General Conference, UNESCO mengakui “kekuatan transformasional radio” dengan mendirikan Dunia Hari Radio pada tanggal 13 Februari,
yang menandai hari ketika PBB Radio diluncurkan pada tahun 1946. Ide awal berasal dari Akademi Spanyol Radio dan secara resmi disampaikan oleh Delegasi Tetap Spanyol untuk UNESCO pada sesi 187 Dewan Eksekutif pada bulan September 2011.

Sejak siaran pertama lebih dari 100 tahun yang lalu, radio telah terbukti menjadi sumber informasi yang kuat untuk memobilisasi perubahan sosial dan titik sentral untuk kehidupan masyarakat. Ini adalah media massa yang mencapai penonton terluas di dunia. Dalam era teknologi baru, tetap platform dunia yang paling mudah diakses, alat komunikasi yang kuat dan media biaya rendah.

Teknologi radio, yang dimulai sebagai “telegrafi nirkabel,” berutang pembangunan untuk dua penemuan lainnya, telegraf dan telepon. Sejak akhir abad ke-19, ketika transmisi radio pertama yang berhasil dicapai dan sampai hari ini, radio tetap sebagai sarana penting komunikasi seperti biasa. Dengan munculnya teknologi baru dan media konvergensi, radio sedang berubah dan bergerak ke platform pengiriman baru, seperti ponsel internet broadband, dan tablet. Dalam era digital, radio terus menjadi relevan, karena orang digital mendengarkan melalui komputer, radio satelit dan perangkat mobile.

Radio sangat cocok untuk menjangkau masyarakat terpencil dan terpinggirkan, sekaligus menawarkan platform untuk berbagi informasi dan mempromosikan debat publik. Radio memainkan peran penting dalam komunikasi darurat dan bantuan bencana. Hal ini juga salah satu cara yang paling penting untuk memperluas akses ke pengetahuan, mempromosikan kebebasan berekspresi serta mendorong rasa saling menghormati dan pemahaman multikultural.

Dunia Hari Radio bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya radio, untuk mendorong para pembuat keputusan untuk menyediakan akses ke informasi melalui radio dan meningkatkan jaringan dan kerjasama internasional antar lembaga penyiaran.

Resolusi ini sedang diajukan ke Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa ‘, pada sesi ke-67 pada bulan September 2012, untuk disahkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar