Online radio that always features the latest trends among its listeners. As an online radio, NuRadio Indonesia tries to update the listeners with new information, the latest issues. 24 hours of music rotation in NuRadio Indonesia, there are songs which were, are, or will be hits.
In other words, we cover yesterdays’, today's and future hits.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Senin, 14 Januari 2013

Radio Sebagai Media Promosi (II)

iman-mdirector.blogspot.com

Keberadaan media radio sebagai media promosi yang efektif sudah tidak diragukan lagi. Namun keberhasilan suatu promosi juga sangat dipengaruhi oleh bentuk dan content iklan yang bersifat unik untuk masing-masing produk/jasa yang dipromosikan.

Radio menawarkan pelayanan promosi yang comprehensif yang meliputi kegiatan design, produksi dan penayangan iklan. Masing-masing aktivitas tersebut ditangani oleh paraspesialis yang memiliki kompetensi dan jam terbang yang tinggi.

Tahapan design bentuk promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut :

Identifikasi bentuk promosi/iklan yang sesuai dengan jenis & target pasar produk/jasa yang dipromosikan. Alternatif bentuk promosi/iklan pada media radio adalah sebagai berikut :

Spot Iklan. 

Iklan ini berbentuk narasi dan/atau dialog dengan backsound (suara latar) musik dan sound effect, berdurasi antara 30 - 60 detik, yang berisikan informasi mengenai produk/jasa yang dipromosikan, terutama mengenai kelebihan-kelebihan pada produk/jasa tersebut. Spot iklan ini biasanya ditayangkan pada media radio beberapa kali dalam satu hari selama periode waktu tertentu. Spot iklan merupakan bentuk iklan yang paling banyak digunakan dalam promosi melalui media radio.

Adlip

Iklan ini berupa script (naskah) yang dibacakan oleh penyiar. Script ini berisikan informasi tentang produk/jasa yang dipromosikan. Adlip biasanya dibacakan beberapa kali dalam satu hari selama periode waktu tertentu. Adlip kebanyakan digunakan untuk mempromosikan suatu kegiatan/acara, namun tidak jarang juga digunakan untuk mempromosikan produk/jasa karena biayanya yang sangat ringan.

Sponsor Program. 

Disini sebuah program (acara) radio didominasi oleh promosi produk/jasa tertentu. Pemasang iklan dapat memilih program radio yang paling diminati pendengar yang merupakan target pasar dari produk/jasa yang dipromosikan. Dominasi iklan pada acara tersebut dapat meliputi :

Nama program memasukan unsur nama produk/jasa yang dipromosikan. 
Penyebutan nama sponsor oleh penyiar pada setiap pembukaan dan akhir pembicaraan. 
Penayangan beberapa spot iklan produk/jasa yang dipromosikan selama acara. 
Quiz dengan hadiah dari pihak sponsor program. 

Radio expose 

(spot iklan yang mempromosikan sebuah program radio) yang memasukkan nama sponsor dan di tayangkan beberapa kali setiap hari.

Bentuk iklan ini sangat efektif karena didengarkan langsung oleh target produk/jasa yang dipromosikan. Selain itu brand image produk akan terangkat karena identik dengan program radio yang disponsori yang merupakan program favorit.

Business Expose.

Bentuk promosi ini berupa sebuah program radio, berdurasi antara 30 - 60 menit, yang memang khusus didesain untuk mempromosikan produk/ jasa/ perusahaan tertentu. Program radio ini berisikan penjelasan detail tentang produk/ jasa/ perusaahaan yang disampaikan sendiri oleh pihak pemasang iklan dengan dipandu oleh penyiar. Biasanya program ini membuka kesempatan bagi pendengar untuk berdialog langsung (on air) dengan pembicara untuk mendapatkan keterangan lebih rinci tentang hal tertentu produk/ jasa/ perusaahaan. dari Aspek promosi dari bentuk iklan meliputi :

Nama program dipilih oleh pemasang iklan sesuai dengan produk/ jasa/ perusahaan yang dipromosikan. 
Isi pembicaraan dalam program 100% tentang produk/ jasa/ perusahaan yang dipromosikan. 
Penyebutan nama sponsor oleh penyiar pada setiap pembukaan dan akhir pembicaraan. 
Interaksi langsung dengan konsumen/calon konsumen. 
Penayangan beberapa spot iklan produk/ jasa/ perusahaan yang dipromosikan selama program. 
Quiz dengan hadiah dari pihak sponsor program. 

Radio expose
(spot iklan yang mempromosikan sebuah program radio) yang di tayangkan beberapa kali setiap hari. 

Bentuk iklan ini sangat efektif karena didengarkan langsung oleh target produk/jasa yang dipromosikan dan pihak yang berpromosi dapat memberikan penjelasan yang sangat rinci. 
Pemilihan bentuk iklan yang sesuai disarankan kepada pemasang iklan dengan memperhatikan budget yang dialokasikan oleh pemasang iklan. 
Design iklan yang atraktif & efektif melalui ide-ide kreatif dengan memperhatikan:
 
Jenis produk iklan/ jasa. 
Kelebihan produk/ jasa dari produk/ jasa pesaing 
Target pasar 
Bentuk iklan yang diinginkan oleh pemasang iklan 

Produksi Iklan

Untuk kegiatan produksi spot iklan di Radio dilaksanakan Creative Team yang terdiri dari :

Producer 
Scriptwritter / Copywritter 
Voice Over 
Music Editor 
Recording & Mixing Man 


Kegiatan produksi spot iklan ini meliputi :

Penulisan script (naskah) oleh Scriptwritter / Copywritter. 
Script yang dihasilkan akan dikonfirmasikan dengan pemasang iklan untuk memastikan kesesuaiannya dengan harapan pemasang iklan.

Dubbing
Mixing. Hasil akhir rekaman iklan juga dikonfirmaksikan dengan pemasang iklan sebelum iklan tersebut diyanagkan.

Untuk kegiatan produksi selain spot iklan Creative Team hanya terdiri dari Producer dan Script Writter serta anggota tambahan jika diperlukan.


Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar